Tips Untuk Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Kerja Agar Sukses

Kuliah atau bekerja, dua hal tersebut seringkali jadi pilihan yang sulit. Jika mengambil keduanya, seseorang biasanya akan dihadapkan pada kesulitan mengatur waktu. Apabila gagal dalam mengatur waktu antara keduanya, hasilnya kuliah jadi tidak fokus, pekerjaan pun bisa terbengkalai.

Banyak kejadian mahasiswa terpaksa tak bisa meneruskan kuliah lantaran pekerjaan sangat menyita waktu. Agar keduanya bisa berjalan beriringan, ada beberapa tips mudah yang bisa dilakukan selama kuliah sambil kerja.

  1. Bicarakan dengan atasan

Ini adalah langkah terpenting ketika kamu memutuskan untuk mengambil kelas kuliah sambil kerja. Kamu harus memberitahukan dan meminta masukan kepada atasanmu di tempat kerja. Sampaikanlah rencanamu kepada atasan dengan memberitahukan segala kemungkinan yang akan akan terjadi ketika kamu harus kuliah sambil kerja serta dampak-dampaknya terhadap pekerjaan.

Jelaskan secara rinci terkait jadwal perkuliahan, metode pertemuan belajar, ujian semester, dan sebagainya. Jangan sampai kamu harus bolos dari pekerjaan karena kewajiban perkuliahan tersebut. Jika dikomunikasikan dengan baik, bukan tidak mungkin atasan di kantor justru akan mendukung dengan memberikan toleransi pada pekerjaanmu, atau memberikan waktu di sela-sela pekerjaan tanpa memotong gaji.

  1. Pintar atur waktu dan prioritas

Bagi kamu yang mengambil kelas kuliah sambil kerja, pastikan untuk bisa mengatur waktu di antara keduanya. Jangan sampai jadwal perkuliahan bentrok dengan pekerjaan di kantor. Saat ini, banyak kampus yang menawarkan jam kuliah online dan kelas karyawan yang biasanya diselenggarakan pada malam hari. Bagi kamu yang terbiasa lembur sampai larut malam, banyak pula pilihan kelas kuliah yang dibuka pada saat akhir pekan.

Selain itu, pastikan untuk membagi waktu antara waktu pekerjaan dan tugas-tugas kuliah yang seringkali sifatnya tak terduga. Ketika kamu mengambil kuliah sambil kerja, konsekuensinya adalah waktu luang yang akan semakin terbatas. Untuk mengatur waktu, tetapkanlah skala prioritas kegiatan apa yang tak terlalu mendesak untuk dilakukan seperti mengurangi waktu liburan. Dua prioritas utama tentulah jadwal kuliah dan bekerja.

  1. Ambil jadwal kelas online

Metode perkuliahan tanpa tatap muka sudah banyak dilakukan kampus-kampus besar untuk proses perkuliahan. Mahasiswa kini tak perlu datang ke kampus dengan metode pembelajaran jarak jauh. Beberapa kampus juga menerapkan metode berupa blended learning, yakni campuran antara tatap muka langsung dan online.

Meski perkuliahan lebih banyak dilakukan secara virtual, kamu masih bisa berdiskusi secara langsung dengan dosen saat datang ke kampus, sehingga proses belajar mengajar tetap interaktif. Salah satu kampus yang menawarkan pembelajaran jarak jauh yakni BINUS Online Learning.

Perkuliahan untuk program studi S1 ini sangat fleksibel, sehingga memungkinkan mahasiswa masih bisa tetap bekerja sambil berusaha meraih gelar akademis. Meski dilakukan secara online dengan jadwal fleksibel, kualitas pendidikan tetap terjaga dengan tenaga pengajar yang berpengalaman.

  1. Jangan lupa istirahat

Istirahat yang cukup sangat wajib bagi kamu yang mengambil kuliah sambil kerja. Gunakan waktu istirahat seefisien mungkin. Tidur yang cukup akan menghindarkan Anda dari stress karena padatnya aktivitas kuliah dan pekerjaan. Pakailah waktu selama istirahat untuk mengembalikan kebugaran dan fokus pikiran untuk menjalani padatnya rutinitas. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga.

Dengan pikiran yang jernih dan badan yang sehat, kamu bisa tetap berkuliah tanpa mengganggu performa pekerjaan. Istirahatlah yang cukup dan selesaikan pekerjaan kantor dan kuliah tanpa perlu membawanya ke rumah.

  1. Pilih jurusan yang sesuai bidang pekerjaan

Agar kuliah bisa mendukung pekerjaan dan karier, pilihlah jurusan perkuliahan yang memang memiliki keterkaitan dengan bidang pekerjaan. Jika kamu bekerja di bagian administrasi, tak ada salahnya untuk memilih jurusan seperti Manajemen atau Akuntansi.

Jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan akan sangat membantu. Ada banyak teori ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah yang juga bisa dipraktekkan langsung dalam pekerjaan. Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan dosen.

Itulah beberapa tips kuliah sambil kerja yang bisa kamu coba. Jika dilakukan dengan disiplin, kamu bisa memperoleh kesuksesan pada kedua bidang tersebut, sekaligus mendapatkan nilai kuliah memuaskan tanpa mengurangi performa pekerjaan.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *