“Tips Bekerja di Divisi Desain Acara Kampus”

Kegiatan atau acara kampus memang kerap membuka rekrutmen panitia terbuka bagi mahasiswa. Salah satu divisi yang paling sering dan pasti ada di setiap acara kampus adalah divisi yang berhubungan dengan desain-mendesain.

Bentuknya bervariasi dan sering disandingkan dengan bidang media dan dokumentasi seperti Publikasi, Desain, dan Dokumentasi (PDD), Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok), Desain dan Dokumentasi (DD), Publikasi dan Media (Pubmed), dan lain-lain.

Berikut beberapa tips bekerja di divisi acara kampus:

  1. Kembangkan ide sebanyak mungkin

Setiap acara di kampus pasti punya temanya tersendiri. Disinilah peran divisi media dibutuhkan untuk menyisualisasikan tema tersebut dengan menarik dan kreatif.

Biasanya akan diawali dengan brainstorming bersama untuk menentukan beberapa hal seperti gaya desain, color palette, font, dan sebagainya. Masing-masing staf akan diminta mengutarakan pendapat atau idenya untuk desain visual acara.

Kamu bisa cari berbagai referensi ide desain di Pinterest, Behance, atau plaform desain grafis lainnya. Dari referensi yang ada, coba diskusikan dan kembangkan lagi agar cocok dengan acara.

  1. Atur Timeline yang Rapih

Timeline yang baik akan sangat membantu kamu dalam bekerja. Umumnya acara kampus yang tergolong besar mempunyai periode waktu 3-4 bulan.

Mulai atur timeline dengan membagi tenggat desain, misal desain publikasi di media sosial setiap minggunya dan desain barang-barang cetak satu bulan sebelum hari H acara.

  1. Saling Membagi Tugas

Divisi tak ada artinya jika tidak saling membagi tugas dalam bekerja. Setiap orang pasti punya kapasitasnya masing-masing, sehinggga penting untuk membagi tugas. Apalagi untuk divisi media dan desain yang terus-menrus bekerja dari awal hingga hari H acara. Belum lagi kalau digabung dengan divisi dikumentasi, pasti bekerja sampai akhir acara tuh. Maka dari itu pembagian tugas penting agar bekerja menjadi efektif.

  1. Usahakan Jangan Ngedeadline

Baik diperkuliahan maupun acara kamus, deadline pasti akan selalu ada. Atur waktumu sebaik mungkin agar tidak terlambat menyelesaikan pekerjaan, seperti membuat desain feeds instagram, atau membuat poster acara. Manajemen waktumu akan sangat mempengaruhi timeline kerja dan acara secara keseluruhan.

  1. Jangan Sungkan Meminta Bantuan

Jika kamu sedang bentrok dengan tugas kuliah atau hal lainnya, jangan sungkan meminta bantuan kepada ketua staf divisi. Tapi ingat jangan sampai terus-terusan melempar pekerjaanmu, karena bisa saja kamu dicampakkan atau dikeluarkan dari tim. Usahakan beri alasan juga berupa mengerjakan yang lain atau memberi imbalan sebagai rasa terima kasih.

  1. Tetap Santai walau Revisi Membantai

Hal yang agak memuakkan dari pekerjaan mendesain adalah revisi. Namun, hal itu wajar karena tak setiap percobaan pertama kita selalu berhasil diterima katua divisi ataua panitia inti. Terlebih untuk acara besar di level Universitas yang pastinya menuntut visual yang lebih dari biasanya.

Kunci mengahadapinya adalah tetap sabar dan jangan diambil hati. Tapi bukan berarti kamu harus terus menerus menerima segala revisian. Cobalah berdiskusi tentang hal yang kurang secara jelas agar kamu tidak terus menerus dibantai revisi.

  1. Jangan malu untuk belajar

Ini adalah hal yang penting, jangan pernah malu dan takut untuk belajar hal yang baru. Tak ada salahnya menanyakan cara, tips dan trik desain dan penggunaan aplikasi desain kepada sesama staff atau ketua divisi. Bahkan jika beruntung, juga minta diadakan workshop session khusus divisi media agar sama-sama saling belajar.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *