Soft Skill Buat Mahasiswa Baru Silakan Diperhatikan

Menempuh pendidikan tinggi adalah kesempatan emas untuk menggali potensi diri. Salah satunya adalah mengasah soft skill. Hal tersebut dapat dilakukan sejak menjadi mahasiswa baru.

Tidak bisa dipungkiri, soft skill adalah hal penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Soft skill adalah sifat manusia yang tidak selalu dapat diukur, tetapi memainkan peranan penting dalam kinerja yang dapat diukur, dilansir dari Newsweek. Melansir skillsmatch.eu, soft skill atau yang dikenal sebagai Non Cognitive Skill merupakan pola pikir, perasaan, dan perilaku yang ditentukan secara sosial dan dapat dikembangkan sepanjang hidup untuk menghasilkan nilai. Soft skill dapat terdiri dari ciri kepribadian, motivasi, dan sikap.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti-Ristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membagikan 4 kiat dalam mengasah soft skill bagi mahasiswa baru.

Berikut 4 hal yang bisa dilakukan mahasiswa baru untuk mengasah soft skill:

  1. Aktif Mengikuti Organisasi

Hal yang bisa dilakukan mahasiswa baru dalam mengasah soft skill adalah mengikuti organisasi kampus. Organisasi kemahasiswaan akan membuat wawasan mahasiswa menjadi lebih luas, lebih tahu cara berinteraksi yang baik, bekerja sama dengan tim, serta menghargai dan menerima pendapat orang lain.

Selain itu, dalam memilih organisasi, mahasiswa dapat mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat bakat yang disukai.

  1. Rajin Mengikuti Seminar dan Workshop

Mengikuti seminar atau workshop juga akan membantu mahasiswa dalam mempelajari berbagai hal secara langsung dengan ahli di bidangnya. Tentunya, jangan lupa untuk aktif dan mengajukan pertanyaan atau pendapat kepada narasumber.

  1. Ikut Terlibat dalam Riset Dosen

Soft skill juga dapat diasah melalui keterlibatan dalam riset dosen. Terlibat dalam penelitian bersama dosen akan memberikan dampak yang baik terhadap keterampilan, kedisiplinan, dan komitmen sebagai mahasiswa baru.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk mengasah ilmu dan menggali pengalaman lebih dalam yang nantinya juga akan bermanfaat saat menyusun tugas akhir seperti skripsi.

  1. Berpartisipasi menjadi Relawan

Menjadi relawan akan membentuk kepribadian mahasiswa menjadi seseorang yang penuh rasa simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, menjadi relawan juga dapat mengembangkan beberapa soft skill lainnya, seperti kerja tim, rasa percaya diri, kesabaran, dan cara mengatasi masalah.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *