Program Kreativitas Mahasiswa Di Lingkungan LLDikti Wilayah III

Lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki berbagai kompetensi mulai dari kemampuan akademis, kecakapan berpikir, kemampuan manajemen, dan kemampuan berkomunikasi. Hal tersebut demi terciptanya mutu lulusan yang unggul dan mumpuni.

Kualitas lulusan perguruan tinggi dilihat dari seberapa cepatnya mahasiswa menemukan solusi dari persoalan yang dihadapi, berpikir kreatif, dan menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Terkait hal ini, Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan bahwa ada 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia. Beberapa poin indikator ini bersinggungan dengan mahasiswa sebagai calon lulusan perguruan tinggi yang mendapatkan pengalaman di luar kampus selama berkuliah.

Maka, dibuatlah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sejak tahun 2001 silam. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini kuncinya pada partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wadah, yaitu PKM. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang berlandaskan penguasaan sains dan teknologi.

Ini juga merupakan upaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahawan dengan mengimplementasikan kemampuan dan tanggung jawab, serta membangun kerjasama tim dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti Wilayah III) merupakan satuan kerja di lingkungan Kemendikbud Ristek yang memiliki tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bermitra dengan 297 PTS dan 5 PTN.

Demi tercapainya IKU, LLDikti Wilayah III membina Perguruan Tinggi di wilayah kerjanya, salah satunya dengan menggelorakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sehingga akan mengakselerasi kinerja Perguruan Tinggi terakreditasi unggul dan menghasilkan lulusan  berkualitas.

Berbagai upaya dilakukan LLDikti Wilayah III dalam menumbuhkembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di provinsi DKI Jakarta.

Salah satunya adalah dengan menggelar acara “Sosialisasi Program Hibah Peningkatan Prestasi Nasional: Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)” pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 di Kampus Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Transpark Juanda, Bekasi.

Prof. Agus Setyo Budi, Kepala LLDikti Wilayah III menuturkan, “PKM adalah wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.” “PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek,” ujar Prof. Agus Setyo Budi.

“Kami ingin seluruh Perguruan Tinggi di Wilayah III berpartisipasi dan mengakselerasi kinerjanya, salah satunya dengan ikut dan dapat hibah PKM,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wachyu Hari Haji selaku narasumber menyampaikan ada beberapa jenis bidang PKM yang dapat diikuti mahasiswa di perguruan tinggi antara lain; Riset, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penerapan Iptek, Karsa Cipta, Gagasan Futuristik Konstruktif, Gagasan Tertulis, Artikel Ilmiah. Dalam kesempatan sama,¬† Matrissya Hermita, selaku narasumber juga menuturkan, “PKM dapat meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional.”

“Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, tetapi tidak menghentikan kita untuk terus berkarya dan terus berinovasi. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kompetensi mahasiswa di lingkungan LLDikti Wilayah III semakin berkembang dan terdepan” pungkasnya.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *