Program Kampus Merdeka Bisa Menggandeng Institusi Pendidikan Maupun Perusahaan

Program Kampus Merdeka menggandeng banyak mitra baik itu institusi pendidikan maupun perusahaan di dalam dan luar negeri.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam menyampaikan perusahaan-perusahaan tersebut menyambut baik adanya program Kampus Merdeka.

“Ketika program Kampus Merdeka ini kita luncurkan dan kita kenalkan ke industri banyak sekali mitra yang kemudian membuka pintu dan menyambut sangat baik program ini. Mereka semua mengatakan inilah yang kita cari selama ini,” ujarnya dalam Special Dialogue Okezone.

“Karena ketika mereka menerima lulusan dari perguruan tinggi itu seperti menerima barang yang sudah jadi itu. Jadi gak bisa diapa-apain artinya memerlukan training, melakukan adaptasi, manajemen trainee minimal 1-2 tahun,” sambung Nizam.

Nizam menjelaskan selama ini perusahaan berusaha mencari calon tenaga kerja dengan membuka lowongan, mengadakan interview dan lain-lainnya. Dengan adanya program Kampus Merdeka, perusahaan-perusahaan tersebut dapat ikut menyiapkan para mahasiswa dan tidak ada lagi masalah dan kesulitan mencari tenaga kerja sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Selain itu, umumnya perusahaan hanya bisa mengamati para pelamar kerja selama wawancara yang hanya berlangsung sebentar. Sedangkan melalui program Kampus Merdeka, perusahaan dapat mengamati sekaligus mendidik para mahasiswa yang memiliki potensi selama satu semester.

“Kalau cocok bisa langsung direkrut. Dua-duanya untung,” pungkasnya.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *