Persyaratan Kuliah Tatap Muka, Silakan Di Simak

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Tekonologi, Aris Junaidi menyampaikan persiapan yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi dalam pelaksanaan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) terbatas dalam silaturahmi merdeka belajar episode 8: Perguruan Tinggi Siap Belajar Optimal, Kamis (23/9).

Aris menjelaskan bahwa penyelenggaraan PTM Tahun Akademik 2021/2022 mengacu pada Surat Edaran no 4 Tahun 2021 yang diterbitkan oleh Dirjen Dikti dan Ristek pada tanggal 13 September 2021.

“Pembelajaran tatap muka ditujukan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi, ketua perguruan tinggi, kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) di seluruh Indonesia,” jelasnya

Lebih lanjut, Ia menegaskan perguruan tinggi dapat melaksanakan perkuliahan tatap muka disesuaikan dengan level kegiatan masyarakat.

“Sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri yaitu perkuliahan tatap muka disesuaikan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” tegasnya.

Dalam penjelasannya, terdapat enam model persiapan yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi dalam pelaksanaan PTM terbatas, diantaranya:

  1. Perguruan tinggi dengan wilayah PPKM level 1,2, dan 3 dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas dan melaporkan pada satuan tugas daerah setempat. Dan bagi PTS selain melaporakan pada satuan tugas daerah ini juga melaporkan L2 Dikti (lembaga layanan pendidikan tinggi) di wilayahnya masing-masing
  2. Perguruan tinggi diperbolehhkan menyelenggarakan kegiatan kurikuler melalui pembelajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. PT sudah siap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan di dalam keputusan bersama di atas dan keputusan menteri kesehatan.
  4. PT harus membentuk satuan penanganan covid di PT dan menyususn, menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan
  5. Pemimpin perguruan tinggi menerbitkan podoman pembelajaran bagimana wisuda, kegiatan lainnya bagi civitas akademika
  6. Tidak ada keberatan bagi orang tua bagi mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *