“Peran Mahasiswa di Zaman Milenial”

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa.

Sebagai kaum cendikiawan dan intelektual muda, seorang mahasiswa harus sadar akan gelar ” Maha” yang sedang disandang, kita harus mengimplementasikan tugas dan fungsi mahasiswa secara komperehensif.

Kesadaran akan posisi sebagai mahasiswa haruslah dapat menjawab berbagai persoalan-persoalan sosial masyarakat yang terjadi di sekitar kita.

Kecenderungan berpikir tugas mahasiswa hanya untuk belajar demi mendapatkan nilai yang bagus harus dikikis secara integral.

Sebagai kaum yang tercerahkan seorang mahasiswa harus berpikir secara visioner demi kemajuan sesuai cita-cita bangsa dan negara.

Peran dan Fungsi Mahasiswa Sebagai mahasiswa berbagai macam lebel pun disandang, ada beberapa macam label yang melekat pada diri mahasiswa, misalnya:

  1. Direct Of Change, mahasiswa bisa melakukan perubahan langsung karena SDMnya yg banyak
  2. Agent Of Change, mahasiswa agent perbahan,maksudnya sdm2 untuk melakukan perubahan
  3. Iron Stock, sumber daya manusia dari mahasiswa itu ga akan pernah habis.
  4. Moral Force, mahasiswa itu kumpulan orang yg memiliki moral yg baik.
  5. Social Control, mahasiswa itu pengontrol kehidupan sosial,cntoh mengontrol kehidupan sosial yg dilakukan masyarakat.

Namun secara garis besar, setidaknya ada 3 peran dan fungsi yang sangat penting bagi mahasiwa, yaitu :

Pertama, peranan moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau.

Disinilah dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.

Kedua, adalah peranan sosial. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Ketiga, adalah peranan intelektual. Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata.

Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.

Peran mahasiswa dalam sejarah perjalanan indonesia sangat besar, terbukti dengan tercatatnya beberapa pergerakan mahasiswa yang telah mampu membawa perubahan yang sangat signifikan.

Mahasiswa sebagai agent of change sudah sewajarnya selalu berupaya untuk mengaktualisasi diri demi masa depan yang cerah.

Kecenderungan berpikir tugas mahasiswa hanya untuk belajar demi mendapatkan nilai yang bagus harus dikikis secara integral.

Sebagai kaum yang tercerahkan seorang mahasiswa harus berpikir secara visioner demi kemajuan sesuai cita-cita bangsa dan negara.

Mahasiswa harus kritis dalam menanggapi isu-isu sosial politik, sosial ekonomi dan sosial masyarakat yang tidak memihak kepada rakyat.

Mahasiswa Belajar Bisnis

Namun jaman sekarang mahasiswa melinial, bukannya hanya belajar dan mendapatkan nilai yang bagus, sekarang juga banyak mahasiswa yang membuka bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang jajan mereka.

Bukan hanya berbisnis tapi mereka juga dituntun untuk membuat sebuah artikel ataupun bahkan buku, dan mereka juga belajar Media center agar dapat mengolala hasil tulisannya dan juga bisnis dalam online.

Sungguh peraktisnya zaman sekarang semua serba online bahkan ada belajar juga sudah berbasis online apalagi sekarang ini kedapatan musibah virus Corona yang akhir-akhir ini sedang menimpah seluruh dunia.

Akibat adanya virus tersebut semua mahasiswa belajar dirumah tapi masih bisa tetap hadir dalam mengerjakan mata kuliah.

Bagaimana kondisi Indonesia dalam beberapa tahun kedepan ketika semua jabatan pemerintahan dikuasai oleh generasi Milennial?

Generasi yang sangat mahir dalam teknologi atau biasa disebut dengan generasi milenial. Dengan majunya  kemampuannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi ini memiliki banyak peluang untuk bisa berada jauh dibanding generasi sebelumnya.

Namun sangat disayangkan, banyak yang mengatakan bahwa generasi milenial cenderung lebih tidak peduli terhadap keadaan sosial, termasuk politik dan ekonomi. Mereka cenderung lebih fokus pada pola hidup kebebasan dan menginginkan hal yang instant serta tidak menghargai proses.

Walaupun tidak semuanya, namun kebanyakan pemuda hari ini, kita bisa lihat bersama terhadap generasi yang digandrungi teknologi terlalu asyik dengan game, sehingga dunia sosial menjadi berkurang.

Apalagi di era zaman sekarang ini segala sesuatu bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, dan informasi dapat diperoleh dimana saja dan kapan saja.

Generasi masa kini harus berusaha dan mampu menjadi bijak terutama dalam penggunaan media sosial, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Kita bisa bertambah pintar apabila menggunakan sosial media dengan baik dan benar, tapi kita juga bisa menjadi penyebar hoax dan menjadi bodoh apabila menggunakan sosial media dengan tidak benar.

Ada juga anak zaman sekarang atau mahasiswa sekarang malas nya untuk membaca karna terlalu asik nya dengan media sosial, bahkan dari sebagian mahasiswa banyak yang mengeluarkan isi hatinya di sosial media.

Tanpa berfikir panjang jika semua terlalu dituang disosmed banyak orang yang membaca akhirnya sebagian mereka bisa tau apa yang kita rasakan saat  itu.

Coba jika semua orang tau atau bahkan mahasiswa milenial paham ini dari pada menuangkan disetatus facebook, instagram, Whastapp dan lain sebagianya .

Lebih baik dituangkan disebuah artikel siapa tau saja mereka bisa memahami tulisan kita dengan bijak dan bisa saja cerita kita bisa menjadi motivasi buat mereka.

Entah mau jadi apa generasi milenial yang akan datang jika banyak dari sebagian mereka jarang membaca atau literasi buku-buku karena asiknya dengan handphone masing-masing.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *