Peran Mahasiswa Dalam Dunia Kampus

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mungkin kamu penasaran apa itu mahasiswa? Sebutan ini sering ditujukan kepada orang-orang yang sedang menempuh pendidikan di universitas, sekolah tinggi, maupun di institut perguruan tinggi.

Sejarahnya, mahasiswa pun memiliki peran yang sangat penting yang tercatat oleh sejarah suatu negara. Di Indonesia sendiri, mahasiswa berhasil menurunkan jabatan soeharto pada bulan Mei 1998 dan hal ini merupakan suatu peristiwa yang sangat besar.

Pengertian Mahasiswa

Berikut ini adalah pengertian mahasiswa dari berbagai sumber dan para ahli.

  1. Menurut KBBI: Dalam KBBI sendiri, mahasiswa terdiri dari dua kata “maha” dan kata “siswa”, maha adalah sesuatu yang besar, sedangkan siswa adalah orang yang belajar. Maka mahasiswa merupakan peserta atau murid di sebuah perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan, mahasiswa memegang status pendidikan yang paling tertinggi diantara yang lainnya. Dengan demikian, menurut KBBI mahasiswa merupakan orang yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.
  1. Menurut Para Ahli
  • Moral Force:Mahasiswa merupakan orang yang memiliki tingkatan pendidikan paling tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan demikian, siapapun yang menyandang status ini memiliki moral yang baik. Selain memiliki moral yang baik, seorang mahasiswa pun memiliki tingkat intelektual yang baik. Sehingga tingkat intelektual dengan moralitas sejajar. Hal inilah yang menyebabkan para mahasiswa sering dijadikan sebagai kekuatan dari moral suatu bangsa dan diharapkan menjadi contoh sekaligus penggerak dalam upaya perbaikan mengenai moral masyarakat.
  • Knopfemacher: Mahasiswa merupakan seorang calon sarjana dari sebuah perguruan tinggi, dimana ia menempuh program studinya dan diharapkan menjadi para calon yang memiliki intelektual tinggi.
  • Sarwono: Mahasiswa merupakan setiap orang yang secara administratif terdaftar dalam perguruan tinggi untuk mengikuti pelajaran. Selain itu, usia dari mahasiswa ini berkisar antara 18-30 tahun. Mahasiswa pun memperoleh suatu status dalam masyarakat karena adanya ikatan dengan perguruan tinggi.

Peran Mahasiswa

Menyandang status sebagai mahasiswa memiliki kebanggaan dan tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan adanya ekspektasi serta tanggung jawab yang dipikul oleh seorang mahasiswa, baik dari lingkungan sekitar, keluarga, maupun dari dirinya sendiri. Lalu apa peran dari mahasiswa itu sendiri?

  1. Agen Perubahan: Mahasiswa dikenal dengan agent of change yang artinya, mahasiswa adalah penggerak dari suatu perubahan kearah yang lebih baik. Perubahan ini diperoleh dengan ide, keterampilan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa itu sendiri.
  1. Penjaga Nilai: Peran ini menunjukan bahwa mahasiswa berada dalam garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai luhur serta mulia. Hal ini dapat direalisasikan dengan gotong royong, memiliki empati, memiliki kejujuran, serta keadilan.
  1. Penerus Bangsa: Mahasiswa pun dianggap sebagai penerus harapan bangsa karena di pundak mahasiswa masa depan suatu bangsa ditentukan. Dengan demikian, jika para mahasiswa memiliki kualitas tinggi, maka masa depan bangsa pun akan cerah.
  1. Kekuatan Moral: Mahasiswa pun dikenal dengan sebutan (moral force), dimana mahasiswa berperan sebagai penjaga moral yang baik dalam masyarakat. Dengan moral masyarakat yang terjaga, maka diharapkan bangsa pun akan lebih kuat.
  1. Pengontrol Sosial: Dikenal sebagai sosial control atau pengontrol sosial, mahasiswa memiliki kontrol sosial pada kehidupan masyarakat. Sehingga, ketika ada yang tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa maupun nilai luhur bangsa, maka mahasiswa memiliki kewajiban dalam memberikan kritik, solusi, serta saran. Dengan demikian, kebijakan yang dibuat oleh pemimpin tidak melenceng. Disarikan Oleh MSLP
    Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.