“Pentingnya Manajemen Waktu bagi Mahasiswa”

Waktu adalah salah satu sumber daya yang tidak bisa direproduksi dan tidak dapat diambil alih. Manajemen waktu di dalam sebuah perencanaan kegiatan merupakan suatu teknik untuk mengatur dan meningkatkan penggunaan waktu secara efektif.Manajemen Waktu adalah proses pengendalian waktu berdasarkan suatu rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan telah dipertimbangkan berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang kemudian harus dilakukan pengontrolan dalam prosesnya agar maksimal.Menjadi mahasiswa memang dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Hal inilah yang menjadikan mahasiswa disebut sebagai agen perubahan. Banyak hal baru yang bisa kamu pelajari seperti belajar desain, mengikuti organisasi, belajar musik, mengikuti pelatihan/kursus, dan sebagainya.Waktu adalah uang. Pepatah itu sangatlah berarti bagi orang yang menghargai waktu yang dimilikinya. Lalu siapa orang yang menghargai waktu tersebut? Ya, orang itu adalah orang sukses dalam hidupnya.

Orang sukses sangatlah menghargainya waktunya karena dari setiap detik, menit, ataupun jam bisa tercipta suatu perubahan dalam kehidupannya dan mereka orang yang sukses tahu bagaimana caranya mengolah waktu mereka menjadi sebuah kesuksesan.Jadi, ketika kamu menjadi mahasiswa dan bisa menghargai waktumu berarti kamu selangkah lebih maju dibandingkan yang lain untuk menuju kesuksesan.Mengelola waktu dengan baik akan membuat dirimu lebih fokus dan disiplin terutama pada hal yang menjadi prioritas pada kehidupanmu. Tentunya ini berkaitan prioritas kamu sebagai mahasiswa, yaitu kelulusan.Jika kamu dapat mengatur waktu dengan baik sebagai mahasiswa, maka kamu akan terfokus pada akademik kamu dan membuat kelulusan kamu tidak terhambat atau molor.Disiplin dalam waktu akan membuatmu memiliki nilai tambah tersendiri, khususnya dalam mengikuti kepanitiaan ataupun organisasi. Hal ini dikarenakan dalam organisasi ataupun kepanitiaan dibutuhkan orang-orang yang mampu menjalankan tugasnya dengan cekatan dan cermat.Ada beberapa cara yang tepat dalam manajamen waktu namun sebelumnya kita harus membuat daftar kegiatan atau aktivitas yang sering kita lakukan, amatilah selama satu atau dua minggu kegiatan apa saja yang kita lakukan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Setelah itu catat kegiatan tersebut setiap waktunya, selanjutnya buat daftar kegiatan dari catatan tersebut mengenai hal yang biasa kita lakukan. Pada saat membuat daftar aturlah kegiatan yang menjadi prioritas, sisikan kegiatan yang kurang efektif untuk mengerjakan tugas.

Apabilak mengikuti suatu organisasi aturlah dengan baik seperti jadwal rapat dan pertemuan agar prioritas utama kita tercapai karena semua memiliki tujuan kenapa kita kuliah apakah untuk mengikuti organisasi atau untuk menuntut ilmu, untuk waktu luang kita bisa menambahkan kegiatan yang bermanfaat seperti kegiatan yang dapat mengasah kemampuan.Selain menulis kegiatan, kita juga bisa menuliskan semua tanggal-tanggal penting seperti tanggal Ujian Akhir Semester, tanggal deadline tugas-tugas, tanggal terakhir penyerahan uang kuliah, tanggal check-up dokter gigi.

Skala prioritas juga harus ada dalam penulisan kegiatan dan tanggal, sehingga dapat dengan mudah melihat yang mana yang paling penting dan yang kurang penting.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *