“Mahasiswa Masuk Kuliah Bulan Juli? Bisa kalau Semua Sudah Vaksin!”

Presiden RI Joko Widodo sempat mengucapkan harapannya agar perguruan tinggi bisa memulai kegiatan belajar mengajar pada Juli 2021.

Menyikapi hal tersebut, ada aturan berlaku yang harus ditaati jika kampus mau memulai kegiatan belajar mengajar seperti sedia kala. Seluruh mahasiswa dan stakeholder kampus lainnya harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Ketika seluruh mahasiswa dan dosen sudah mendapatkan divaksin, keputusan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara offline atau tatap muka diberikan secara bebas kepada kampus sembari berkoordinasi dengan satgas Covid di daerah masing-masing.

Selain ketentuan vaksinasi seluruh mahasiswa, fasilitas dan kegiatan kampus pun harus diadaptasi menyesuaikan kondisi pandemi.

Ada pembatasan jumlah pemakai fasilitas tertentu seperti laboratorium dan fasilitas lain yang dipakai secara bersama-sama.Jika memang kampus akan menetapkan peraturan pembelajaran tatap muka dengan ketentuan kondisi pandemi, diharapkan rektor juga membuat peraturan khusus perihal penetapan jumlah kapasitas dan kegiatan yang bisa terlaksana.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Paristiya Nurwardani juga turut membenarkan kabar bahwa kampus bisa memulai aktivitas pada Juli 2021, namun tetap saja harus memiliki SKB (Surat Keputusan Bersama), menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan mendapat izin dari Satgas Covid setempat. Saat ini aktivitas kampus hanya terbatas pada kegiatan praktikum yang mendesak dan finalisasi tugas akhir.

Tidak semua mahasiswa dapat melakukan kegiatan praktikum secara tatap muka saat ini, semua kembali pada kebijakan kampus dan daerah terkait.

Surat Keputusan Bersama (SKB) sedang dalam proses koordinasi antar menteri terkait vaksinasi untuk mahasiswa, dosen, dan tenaga pendidik lain yang diharapkan bisa terealisasi pada Maret hingga Juni 2021.

Vaksinasi Covid-19 sendiri sudah berlangsung di Indonesia sejak Januari 2021. Dimulai oleh Presiden Jokowi sebagai orang pertama, dilanjutkan dengan tenaga kesehatan, golongan lansia, dan saat ini sedang berlangsung gelombang untuk awak media dan atlet.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *