“Mahasiswa, Ini 4 Tips Mendapat Tempat Magang Impian ala Ditjen Dikti”

Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), mahasiswa diberi kebebasan memperoleh ilmu. Tak hanya di bangku perkuliahan, mahasiswa juga bisa mengembangkan potensi di luar kampus. Dengan memperoleh berbagai ilmu dan pengalaman selama kuliah, hal ini sangat menunjang seorang mahasiswa saat mencari pekerjaan. Salah satu ilmu yang bisa diperoleh mahasiswa melalui program magang. Merangkum akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (@ditjen.dikti) memberikan tips mendapatkan tempat magang impian.

Jika kamu berhasil magang di perusahaan yang bonafit, hal ini juga akan menjadi nilai plus di Curriculum Vitae (CV).

Yuk simak bersama informasi mengenai tips mendapatkan tempat magang impianmu.

  1. Ketahuilah apa yang menjadi minatmu Jika insan Dikti tidak mau gagal saat pengajuan lamaran magang, pastikan kamu sudah mengetahui lebih dahulu bidang kerja seperti apa yang kamu impikan nantinya.
  2. Ketahuilah kredibilitas perusahaan Kredibilitas perusahaan juga menjadi poin penting untuk dipertimbangkan saat mencari tempat magang. Lakukan riset kecil untuk mengetahui kredibilitas yang jelas dan diakui kualitasnya. Karena hal tersebut akan menentukan pengalaman yang akan kamu terima nantinya.
  3. Buat CV menarik Pada saat melamar, buat CV semenarik mungkin dengan mencantumkan pengalaman yang dimiliki. Jika insan Dikti belum mempunyai pengalaman magang, kamu juga bisa memasukkan pengalaman lainnya, seperti kerja sukarela, event kampus atau pengalaman organisasi untuk dapat menggambarkan potensi atau kemampuan yang kamu miliki.
  4. Tingkatkan hard skill dan soft skill Agar diterima di tempat magang impian, kamu juga harus memiliki keterampilan yang baik. Untuk mengasah keterampilan, kamu bisa mengikui berbagai program workshop atau pelatihan.

Bagi mahsiswa yang sedang mencari perusahaan untuk magang, bisa mengunjungi laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. Di laman tersebut ada banyak lowongan magang dari berbagai perusahaan ternama yang bisa dimanfaatkan.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *