“Mahasiswa, Begini Cara Bijaksana Kelola Keuangan”

Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Center for Fintech and Banking, Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) mengadakan webinar bertema ‘Pengelolaan Keuangan Milenial di Era Digital’. Tema tersebut selaras dengan keadaan saat ini yang serba digital serta mengingat literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih rendah. Ketua PUI UNS Fintech Center, Irwan Trinugroho mengatakan, topik tersebut sangat pas untuk generasi milenial.

Pengelolaan keuangan sangat penting

Terlebih bagi yang sedang memasuki usia pekerja pertama. Pengelolaan keuangan sangat diperlukan juga bagi milenial di masa pandemi Covid-19 saat ini. “Tema ini menarik. Perlu dibahas, bagaimana milenial mengelola keuangan. Termasuk bagaimana dampak pandemi ini mempengaruhi pengelolaan keuangan mereka,” kata Irwan seperti dikutip dari laman UNS.

Salah satu pembicara webinar tersebut, Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Sylviana Maya Damayanti menjelaskan pentingnya perencanaan keuangan bagi milenial. Termasuk apa saja yang harus dilakukan dalam melakukan perencanaan keuangan tersebut.

Maya menggarisbawahi, dana darurat yang perlu disiapkan generasi milenial. Dana darurat tersebut sangat penting terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang membuat geliat perekonomian menjadi lesu. “Para milenial untuk rajin memanajemen arus keuangan mereka. Milenial disarankan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan mereka,” urai Maya.

Cek pengeluaran dan pemasukan Selain itu Maya juga mengingatkan generasi muda senantiasa mengecek arus kas tersebut serta mengevaluasinya.

Jika pengeluaran lebih besar dari pemasukan, milenial dapat tanggap dan mencari solusi terbaik.

Sementara itu pembicara lain dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Ibrahim Fatwa Wijaya menyampaikan materi tentang perencanaan keuangan dari perspektif Islam. Dia menceritakan semangat berbagi antarmuslim di situasi pandemi Covid-19 yang sangat tinggi.

Semangat berbagi tersebut disalurkan melalui wakaf, sedekah, dan zakat ke lembaga-lembaga penyalur atau masjid-masjid terdekat.

Ciptakan keamanan keuangan Financial Planner Finansialku.com L Nathania memaparkan skema-skema perencanaan keuangan serta cara memprioritaskan kebutuhan bagi milenial.

Nathania menyampaikan, piramida perencanaan keuangan yang dari bawah didasari oleh arus kas, dana darurat, dan pinjaman.

“Jika fondasi tersebut terkendali ditambah dengan paham manajemen risiko akan tercipta sebuah keamanan keuangan,” beber Nathania.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *