Kesadaran Mahasiswa Akan Pentingnya Membaca Jurnal

Sebagai seorang mahasiswa, membaca jurnal ilmiah adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Banyaknya tugas yang diberikan oleh Dosen kepada kita tidak semata-mata hanya bersumber dari internet, namun perlu referensi lain yang menunjang ilmu dan pengetahuan, yaitu jurnal ilmiah.

Beberapa universitas di Indonesia mensyaratkan mahasiswanya untuk melakukan publikasi ilmiah sebagai syarat untuk lulus, ini sekaligus menjadi tantangan bahwa membiasakan membaca jurnal penelitian adalah gerbang awal dalam menemukan masalah atau isu terkini sehingga kita pun dapat memperoleh ide penelitian. Namun permasalahannya untuk membiasakan diri membaca jurnal penelitian bergantung pada tiap individu itu sendiri, bukan hanya tentang membaca saja tetapi menggali,menganalisis, dan menyimpulkan dari apa yang sudah didapat perlu waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengatur waktu membaca jurnal penelitian.

Di Indonesia, terdapat sebuah organisasi komunitas yang bernama Relawan Jurnal Indonesia, yaitu organisasi nirlaba yang memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga untuk pengembangan publikasi ilmiah di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya.

Komunitas ini juga membantu menyadarkan mahasiswa bahwa membaca sebuah jurnal penelitian bukan hanya menambah wawasan kita saja namun sekaligus menambah kemampuan dalam menganalisis masalah terkait dengan penelitian. Jika kalian ingin mendapatkan informasi dan ingin bergabung menjadi anggota Relawan Jurnal Indonesia, dapat membuka website mereka di “https://forum.relawanjurnal.id” atau “https://relawanjurnal.id“.

Dengan seringnya membaca jurnal, kita bisa selangkah lebih maju dan mengetahui hal-hal yang mahasiswa lain tidak tahu. Bukankah menyenangkan menjadi mahasiswa yang lebih maju dan mengetahui hal-hal yang bahkan mahasiswa lain tidak mengetahuinya? Mulai sekarang ayo biasakan membaca jurnal, bahkan lebih baik lagi jika membaca jurnal berbahasa inggris atau jurnal internasional, agar pengetahuan kita semakin bertambah.

Rajin membaca merupakan kunci bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan prestasi gemilang saat kuliah. Dengan membaca, akan banyak lembaran pengetahuan baru yang berhasil diperoleh.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *