Kampus Terbaik Nasional di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2021

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 telah berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-29 Oktober 2021. Pimnas 2021 diikuti sebanyak 735 tim dari 108 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang ikut sebanyak 3.126 orang.

Pimnas merupakan kompetisi bergengsi mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pimnas mempertandingkan sembilan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kesembilan kategori ini adalah PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, dan PKM-Karsa Cipta.

Berikutnya, ada kategori PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains, dan PKM-Riset Sosial. Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menjadi juara umum dengan raihan 54 medali. Capaian ini membuat UGM mampu mempertahankan posisi sebagai juara bertahan Pimnas selama empat tahun berturut-turut sejak 2018.

Sementara itu, IPB University berhasil meraih Peringkat 2 Nasional. IPB University berhasil meraih 7 penghargaan setara emas, 3 penghargaan setara perak, dan 5 penghargaan setara perunggu pada kategori poster. Sedangkan pada kategori presentasi, IPB University berhasil meraih 7 penghargaan setara emas, 4 penghargaan setara perak, 4 penghargaan setara perunggu, dan 1 juara favorit.

Lalu, sebanyak 59 kontingen dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun sukses menempatkan ITS sebagai juara umum ke-3, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.

Berikut daftar 10 kampus terbaik nasional berdasarkan peringkat di ajang Pimnas ke-34 tahun 2021:

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Negeri Malang
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Hasanuddin
  8. Universitas Diponegoro
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Institut Teknologi Bandung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *