Jurusan Yang Hanya Ada Satu Di Indonesia

Jurusan kuliah atau program studi di perguruan tinggi seperti Pendidikan Dokter, Psikologi, Arsitekur hingga Sastra Inggris mungkin sudah familier di telinga kita. Namun, apakah kamu pernah mendengar program studi Astronomi, Manajemen Industri Katering, hingga Jamu? Bahkan, sederet program studi tersebut terbilang langka, sebab hanya ada satu di Indonesa.

Namun, meski jarang ditemui, bukan berarti prodi-prodi itu tak memiliki prospek karier yang bagus. Justru kesempatan yang terbuka lebih besar, karena jumlah lulusannya pun terbatas.

Penasaran apa saja prodi-prodi langka tersebut? Simak informasinya berikut ini.

  1. Astronomi: Astronomi, ilmu yang mempelajari tentang matahari, bulan, bintang, dan planet-planet lainnya bisa kamu pelajari di Institut Teknologi Bandung (ITB). DIketahui, hingga kini hanya ITB yang memiliki dan membuka program studi Astronomi. Bahkan, ITB membuka program studi Astronomi dari jenjang sarjana (S1), magister, (S2) hingga doktor (S3). Di program studi Astronomi ITB ini kamu akan mempelejari beda-benda langit dengan menitikberatkan penerapan ilmu fisika terhadap benda langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta kosmologi. Akreditasi program studi Astronomi ITB berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah A.
  2. Manajemen Industri Katering: Prodi lainnya yang hanya ada satu di Indonesia adalah Manajemen Industri Katering. Di prodi ini kamu akan belajar tentang pengetahuan dasar di bidang kuliner lokal, nasional, dan insterasional, manajemen operasional usaha kuiner, serta perencanaa, pengelolaan, hingga pemasaranya. Program studi Manajemen Industri Katering hanya dimiliki oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI0 hanya membuka program studi Manajemen Idnustri Katering pada jenjang sarjana (S1). Sejak tahun 2015, program studi Manajemen Industri Katering UPI ini terakreditasi B oleh BAN-PT.
  3. Sastra Belanda: Ada banyak pilihan jika kamu berencana untuk mengambil jurusa kuliah di bidan sastra. Pilihan-pilihan tersebut antara lain ada Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra China, hingga Sastra Jepang. Namun, program studi Sastra Belanda hanya bisa kamu temui di Universitas Indonesia (UI). Di program studi Sastra Belanda kamu akan belajar tentang linguistic, sastra, sejarah, dan kebudayaan. Berdasarkan BAN-PT, program studi Sastra Belanda Universitas Indonesia sudah terakreditasi A.
  4. Teknik Nuklir: Nuklir di Indonesia yang dipelajari sebagai sumber energi, program studinya hanya bisa kamu temui di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Di program studi Teknik Nuklir UGM kamu akan berhadapan dengan sains, khususnya ilmu fisika dan matematika. Universitas Gadjah Mada hanya membuka prodi Teknik Nuklir di jenjang sarjana (S1). Sementara, akreditasi prodi Teknik Nuklir UGM adalah A.
  5. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan: Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya membuka satu program studi yang hanya bisa ditemui di Indonesia, yaitu prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan robot dan kekcerdasan buatan atau artificial intelligence. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari konsep hingga membuat robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana. Di daftar akreditasi BAN-PT, prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan ini masuk ke dalam program studi baru yang masih dalam proses akreditasi.
  6. Teknik Transportasi Laut: Sebagai negara kepulauan, Indonesia harus memiliki pengelolaan dan pemanfaatan laut yang baik. Hal ini menjadi penting untuk dipelajari, untuk itu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membuka prodi Teknik Transportasi Laut. Prodi ini hanya bisa kamu temukan di ITS Surabaya. Di program studi Teknik Transportasi Laut, ITS ini kamu akan mempelajari tentang pelayaran, pelabuhan, dan logistik di dunia maritime secara aspek teknis, sosial, politik, keamanan, dan budaya. Di daftar akreditasi BAN-PT, prodi Teknik Transportasi Laut ITS memiliki akreditasi istimewa, yakni Unggul.
  7. Jamu: Program studi langka lainnya adalah Jamu. Program studi Jamu hanya tersedia di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. Awal mula terbentuknya jurusan ini adalah untuk menumbuhkan pengobatan tradisional di Indonesia, khususnya jamu yang dianggap sebagai warisan leluhur bangsa. Di prodi ini kamu akan mempelajari tentang meracik, menyediakan, hingga melakukan penyembuhan atau terapi dengan jamu. Jamu dan obat-obatan tradisional Indonesia dinilai memiliki potensi untuk berkembang, bahkan sudah mulai mendunia. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta membuka program studi Jamu ini di jenjang Diploma-III (D-III). Sementara, akreditasi dari BAN-PT, program studi Jamu Poltekkes Kemenkes Surakarta ini terakreditasi B.

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *