Ingat, Diri Juga Perlu di Upgrade

Tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya smartphone alias telepon pintar , dizaman yang serba canggih ini hampir semua orang mempunyainya.  Terkadang kita tidak lepas seharian pegang SmartPhone baik itu cuman browsing, main game , buka sosmed dan lainnya.

Dalam dunia komputer , smartphone , maupun perangkat gadget lainnya tentu anda pernah mendengar kata upgrade bukan? Upgrade merupakan proses untuk mengubah komponen perangkat keras (hardware) maupun komponen perangkat lunak (software) dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya. Maksud dan tujuan upgrade adalah untuk meningkatkan kemampuan, performa , kinerja  ,maupun kapasitas terhadap komponen hardware maupun software yang kita gunakan.

Untuk membuat diri lebih maksimal baik dalam urusan kemampuan, kapasitas dan pikiran , diri juga perlu diupgrade. Upgrade diri dapat disebut dengan istilah personal kurikulum atau mendakwahi diri sendiri dengan mengatur atau memagement diri agar selalu meningkatkan keimanan kepada yang maha kuasa.

Ciri-ciri diri perlu diupgrade :

  1. Futur atau lalai melaksanakan ibadah

Jiwa manusia tak beda jauh dengan anggota tubuh lainnya, tangan akan lelah jika terus mengangkat, kaki akan pegal jika terus berlari , mata akan berair jika tak henti menatap dan lelahnya jiwa yang semangat kian surut. Futur , rasa malas , enggan dan lamban dalam melaksanakan kebaikan, yang mana sebelumnya rajin dan bersemangat untuk melakukan kebaikan,  kini menjadi lemah dan malas bahkan terkadang berhenti sama sekali dari melakukan suatu aktivitas kebaikan

  1. Terlalu cinta dunia

Orang yang terlalu mencintai kesenangan dunia , seperti harta tahta dan manusia, sehingga membutakan hatinya dan lalai terhadap akhirat

  1. Sering melakukan sifat tercela

Hobi menceritakan kejelekan saudara-saudari muslim dibelakangnya, memberitakan tidak sesuai dengan kenyataan atau kebenaran, sibuk mengumbar aib orang lain dan mengadu domba dengan menyebarkan suatu pembicaraan diantara manusia dengan tujuan merusak hubungan mereka.

Solusi untuk mengupgrade diri :

  1. Muhasabah diri

Muhasabah adalah usaha untuk intropeksi diri dengan mengevaluasi kesalahan yang telah diperbuat dan menggantinya dengan kebaikan-kebaikan. Muhasabah diri perlu dilakukan setiap muslim untuk memperbaiki hubungannya dengan sang maha pencipta , manusia dan  diri nya sendiri, dengan melakukan musabah dapat membuat diri jauh lebih baik

  1. Bertaubat

Setelah mengevaluasi diri, bertaubatlah dengan sungguh-sungguh dan perbaiki niat yang baik

  1. Menjalankan ibadah wajib dan sunnah

Jangan sampai urusan duniawi melalaikan kita untuk mengingat sang pencipta, jika ibadah berantakan efek nya kita tidak akan menemukan kedamaian. Menjalankan ibadah wajib dan sunnah lebih mendekatkan kita kepada sang pencipta. Saat kita ibadah hati akan tenang , nyaman dan penuh syukur.

  1. Mencari Ilmu

Menambah ilmu membuat kita tak akan tersesat dalam kehidupan. Mencari ilmu merupakan kewajiban umat muslim. Ilmu merupakan sarana untuk menjalankan apa yang Allaah perintahkan.

Tidak ada pernah kata terlambat untuk mengubah diri sendiri , tak peduli umurmu berapa , tak peduli seberapa buruk situasimu saat ini, tetapkan tujuan yang akan dituju. Ubahlah dirimu secara perlahan. Semakin dalam keimanan dan pengetahuan yang dimiliki , maka semakin diri merasakan kedamaian, karena manusia tanpa iman akan gelisah.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.