Dear Mahasiswa : Yang Harus Kalian Ketahui Ketika Jadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa sama dengan menempuh hidup baru karena apa yang Anda alami akan sangat berbeda sekali kondisinya dengan saat masih SMA dahulu. Saat menjadi seorang mahasiswa kita dituntut untuk kreatif, aktif dan mandiri dalam mengerjakan segala hal. Agar tidak kehilangan arah dan tujuan maka kali ini kita akan berikan bagaimana tips sukses menjadi mahasiswa baru di kampus.

  1. Terbuka dengan lingkungan baru: Ketika rambut telah gundul maka segala sifat-sifat kamu di SMA harus digundulkan juga alias dihilangkan. Di saat menjadi mahasiswa baru sebaiknya Anda terbuka dengan kondisi lingkungan, banyak bertanya kepada siapa saja, banyak bergaul mencari teman baru. Memang susah di saat awal seperti ini karena semuanya masih serba kaku terutama bagi mahasiswa yang berasal dari daerah.
  2. Bergaul dengan senior: Senior adalah kakak kelas yang lebih berpengalaman dengan dunia kampus. Sebaiknya memperbanyak kenalan dengan kakak senior agar lebih banyak tahu dan dapat lebih cepat memiliki arah dan tujuan selama di dalam kampus.
  3. Aktif di UKM: Di setiap kampus terdapat UKM untuk pengembangan potensi pribadi mahasiswa . Carilah informasi sebanyak-banyaknya UKM yang di sukai seperti olahraga, bisnis, agama dan lain-lain. Disana Anda akan lebih cepat menemukan jati diri sebagai seorang mahasiswa.
  4. Fokus pada tujuan : Apapun yang terjadi pada kondisi kampus, Anda harus tetap fokus dengan tujuan awal karena begitu banyak godaan di dalam kampus mulai dari aktivitas organisasi, pacar, bermain dan sebagainya. Bila fokus maka Anda akan menjadi mahasiswa yang berprestasi.
  5. Tinggalkan kebiasaan lama: Kebiasaan lama seperti banyak bermain game, nonton film, sinetron dan sebagainya yang hanya menghabiskan waktu luang sebaiknya ditinggalkan karena tidak akan banyak berguna dalam dunia kampus. Kecuali Anda masuk ke jurusan seni yang butuh inspirasi ide dari film.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.