Dear Mahasiswa: Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Akan Segera Dibuka

Direktorat Jenderal Pembelajaran Besar, Studi, serta Teknologi( Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek membuka registrasi program Alterasi Mahasiswa Merdeka angkatan ke- 2 sampai 28 Mei 2022. Program ini terbuka untuk mahasiswa aktif Indonesia yang mau menaikkan pengalaman riset di akademi besar di luar kampus asalnya.

Ketua Pembelajaran serta Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi menarangkan, program Alterasi Mahasiswa Merdeka ialah usaha Ditjen Dikti dalam mensupport kebijaksanaan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Tujuannya merupakan tidak hanya memperoleh pengalaman berlatih, mahasiswa pula didorong berlatih kedamaian serta keterbukaan dari akademi besar yang dituju.

mahasiswa pula bisa memilah 2 tata cara program, ialah menjajaki semua program perkuliahan dengan cara luring di akademi besar tujuan, ataupun mengutip sebagian mata kuliah di kampus asal dengan cara daring serta menjajaki perkuliahan dengan cara luring di kampus tujuan. Unpad sendiri, tutur Fahmi, jadi salah satu akademi besar yang menyambut partisipan program Alterasi Mahasiswa Merdeka dari luar pulau Jawa.

Lebih lanjut Fahmi menarangkan, terdapat sebagian profit yang hendak diterima mahasiswa lewat program ini. Tidak hanya memperoleh pengalaman berlatih yang dapat dikonversi ke dalam angka perkuliahan di kampus asal, mahasiswa pula memperoleh modul hal keanekaragaman, pengetahuan kebangsaan, serta cinta Tanah Air yang terangkum dalam Materi Nusantara.

Di dalam materi itu, mahasiswa hendak berlatih hal adat, bahasa, serta pandangan sosial dari wilayah posisi kampus tujuan. Sebab itu, Materi Nusantara yang dibesarkan akademi besar tujuan hendak berlainan dicocokkan dengan situasi sosial adat serta nilai- nilai yang dianutnya.

Tidak hanya itu, mahasiswa pula hendak memperoleh bagian bayaran duit kuliah tunggal( UKT) dan bermacam bayaran yang mensupport mahasiswa sepanjang menempuh perkuliahan di kampus tujuan. Fahmi mendesak mahasiswa Unpad bisa ikut serta aktif mencatat program Alterasi Mahasiswa Merdeka.

“ Buat mencatat program ini, mahasiswa hendaknya bertanya dahulu dengan program riset sebab wajib terdapat permisi dari prodi serta sekalian mempermudah cara alterasi angka,” jelasnya.

Berikut kriteria calon pendaftar program Pertukaran Mahasiswa Merdeka:

  1. Mahasiswa aktif di bawah Kemendikbudristek
  2. Terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti)
  3. Duduk pada semester dua sampai enam saat periode pendaftaran
  4. Belum pernah mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
  5. Tidak sedang terdaftar aktif dalam Program Kampus Merdeka yang lain pada saat program berlangsung
  6. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non-akademik
  7. Memiliki surat izin dari Perguruan Tinggi pengirim
  8. Mendapatkan izin orang tua/wali untuk mengikuti program
  9. Memiliki IPK minimal 2,75 pada saat periode pendaftaran
  10. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  11. Memiliki atau bersedia membuat rekening aktif Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Mahasiswa bersangkutan
  12. Diutamakan memiliki asuransi kesehatan yang aktif berupa BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS)
  13. Telah menerima minimum dua dosis vaksin covid-19
  14. Bersedia menaati seluruh ketentuan PMM 2 dan bersedia menerima konsekuensi atas pelanggaran terhadap ketentuan PMM 2. Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat mengakses laman https://program-pmm.id/. Disarikan Oleh MSLP
    Sumber 

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.