“Dear Mahasiswa, Ini Tips Antigalau Gali Potensi Diri dari Asisten Direktur Pertamina”

Asisten Direktur Human Capital PT. Pertamina (Persero) Gilang I Nata Praja membagikan beberapa tips menggali potensi diri bagi para mahasiswa. Gilang menyampaikan hal ini dalam sebuah seminar virtual yang diadakan oleh Career Development Center (CDC) UNS pada hari Jumat.

Seminar tersebut juga membahas tentang tantangan dunia kerja di era industri 4.0. Disebutkan dalam kesempatan ini bahwa para pencari kerja dihadapkan pada pasar kerja yang kompetitif.

Para lulusan baru atau fresh graduate tidak hanya bersaing dengan sesamanya, tetapi juga dengan para senior yang lebih berpengalaman. Sehingga, ada kesulitan tersendiri untuk tampil secara berbeda.

“Karena kita ada di competitive job market dengan tempat yang terbatas dan peminat yang banyak, otomatis kita akan mendapatkan tantangan dalam me-differentiate kita sendiri dengan orang lain,” ujar Gilang.

Selain persaingan yang kompetitif, ada hal lain yang perlu dihadapi para pencari kerja. Hal tersebut adalah automasi.

Dipaparkan dalam seminar ini, ada beberapa akibat dari automasi di dunia kerja. Di antaranya adalah job lost, jobs gain, dan jobs changed.

Beberapa hal di atas selaras dengan survei dari Global Work Economic Forum. Survei mereka menyatakan bahwa automasi akan menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru.

Dampaknya, para pencari kerja perlu memperbarui keahlian agar dapat beradaptasi dengan lapangan kerja yang baru. Gilang berpendapat, “Kira-kira 23 juta pekerjaan akan di-displace oleh otomatisasi, 27-46 juta pekerjaan kemungkinan besar akan ter-create oleh otomatisasi. Jadi kalau kita lihat masih surplus, masih terbuka lapangan-lapangan pekerjaan baru.”

“Sebanyak 10 juta dari 27 – 46 juta pekerjaan yang tercipta itu merupakan new types of occupations atau jabatan-jabatan baru yang sebelumnya belum pernah ada,” tambahnya.

Di samping itu, dapat terjadi peningkatan jumlah posisi di dua jenis pekerjaan. Keduanya adalah pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh mesin dan pengumpulan serta pemrosesan data.

Asisten Direktur Human Capital PT. Pertamina https://www.detik.com/tag/pertamina (Persero) tersebut mengatakan bahwa perlu ada keselarasan antara lembaga pendidikan dan penyedia lapangan kerja. Dirinya memaparkan, “Tipe-tipe jabatan yang akan hilang di masa depan, misalnya tipe-tipe jabatan yang berulang atau repetitif. Lalu low efficiency atau boros, dengan resource yang tinggi dan hasil yang terbatas.”

Di samping hal tersebut, akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru. Contohnya, social media officer, freelancer, dan pekerjaan bersifat administratif.

Dalam kesempatan ini, Gilang juga membagikan beberapa tips menggali potensi pada para mahasiswa dan pencari kerja. Ini tips yang ia bagikan:

  1. Mengelola kepercayaan diri
  2. Berpikiran terbuka
  3. Mengevaluasi yang diinginkan
  4. Identifikasi softskill
  5. Meningkatkan kemampuan
  6. Membangun jejaring
  7. Personal branding
  8. Fokus pada yang diinginkan

Menurut salah satu petinggi PT. Pertamina (Persero) ini, tips di atas akan membantu memahami potensi serta membedakan diri dari orang lain.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *