Dear Mahasiswa: Berikut Beberapa Jenis Pekerjaan Yang Dibutuhkan Di Era New Normal

Pandemi Covid-19 memberi dampak besar bagi negara-negara di dunia. Banyaknya perubahan dalam berbagai bidang, membuat kebutuhan tenaga kerja turut alami perubahan.

Bersamaan dengan hal tersebut, ternyata ada juga sektor industri yang malah semakin bersemangat di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, salah satunya adalah sektor industri di bidang teknologi informasi.

Sejauh ini, pemanfaatan teknologi informasi memang sangat membantu dalam berbagai hal, seperti pelaksanaan proses pembelajaran baik di tingkat sekolah maupun universitas, pelayanan publik, dan lain-lain.

Itulah mengapa, permintaan tenaga profesional di bidang teknologi informasi semakin meningkat. Ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan bagi lulusan Jurusan Teknik Informatika.

Melansir platform edukasi Quipper Campus, Senin (16/8/2021), berdasarkan keterangan dari Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang pernah disampaikan kepada media, setidaknya di era new normal ini ada 30 jenis pekerjaan yang paling banyak butuhkan. Berikut sepuluh di antaranya:

  1. Apps creator/developer

Apps developer adalah orang yang membuat dan menguji suatu aplikasi yang didesain khusus untuk berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet. Selain itu, seorang apps developer juga bertugas untuk menyelesaikan permasalahan bugs yang biasanya terjadi yang menyebabkan suatu aplikasi tidak dapat berjalan sesuai dengan desain yang diharapkan.

  1. Artificial intelligence architect

Artificial intelligence architect adalah orang yang berperan dalam mengukur kinerja AI yang telah dibuat dan mempertahankan keberlanjutannya.

  1. Big data analyst

Secara sederhana, big data analyst dapat dipahami sebagai seorang yang menjalankan fungsi anlisis terhadap suatu kumpulan data yang berukuran besar.

Untuk berkarier sebagai seorang big data analyst, kamu harus memiliki pemahaman yang komprehensif seputar data science dan juga menguasai berbagai program pengolahan data.

  1. Cloud computing service Cloud computing merupakan penyediaan IT resource di internet yang bisa didapatkan sesuai kebutuhan.

Cloud computing service memberikan kemudahan kepada para developer ataupun tim terkait untuk tidak perlu lagi memikirkan proses maintenance ataupun perencanaan kapasitas data server.

Peran tersebut diambil alih oleh pihak ketiga yakni cloud computing service.

  1. Cyber security

Cyber security bertugas untuk melindungi jaringan, program, dan sistem komputer dari berbagai ancaman serangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa selalu ada saja celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk dapat mengakses suatu jaringan ataupun sistem komputer.

Oleh karena itu, cyber security akan berperan bukan hanya sebatas membangun sistem pertahanan, tetapi juga melakukan pengecekan celah-celah yang bisa menjadi pintu masuk bagi pihak luar.

  1. Game developer Game developer adalah orang yang memiliki keahlian di bidang pembuatan video game. Pada dasarnya, video game merupakan suatu software. Oleh karena itu, para software developer juga bisa mengambil peran sebagai game developer, tetapi harus mempelajari juga hal-hal lainnya seperti audio, desain grafis, dan seni visual.
  2. Software engineer

Seorang software engineer bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan.

  1. Web developer Web developer adalah seorang yang bertugas dalam mendesain, merancang, mengembangkan, dan melakukan modifikasi suatu website.

Untuk berkarier sebagai web developer, kamu perlu memahami seputar pemrograman komputer, manajemen konten website, desain multimedia, termasuk sistem database dan sistem operasi server.

  1. Forensic cyber crime specialist Seorang forensic cyber crime specialist bertugas melakukan penyelidikan terhadap suatu tindak kejahatan siber, seperti cracking, penipuan, dan hal-hal lainnya yang berpotensi merugikan seseorang lewat aktivitas dunia maya.
  2. Product data Masih berhubungan dengan data, seorang product data analyst bertugas untuk melakukan pengumpulan, preprocessing, dan analisis data baik internal maupun eksternal.

Selain itu, product data analyst juga berkolaborasi dengan tim data lainnya seperti data engineer untuk menghasilkan rekomendasi strategis dari pengembangan produk.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.