“Dear Mahasiswa Baru, Inilah Manfaat dari Aktif di Organisasi Kampus!”

Selain belajar di dalam kelas, mahasiswa harus aktif di organisasi kampus. Dengan aktif di organisasi kampus, ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan!

Untuk para mahasiswa baru yang tahun ini akan memulai dunia perkuliahan, ada satu hal penting yang wajib untuk dilakukan dalam dua hingga empat tahun ke depan, yakni aktif di dalam organisasi tingkat universitas. Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan mengingat ada beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh, antara lain:

  1. Menambah jaringan relasi

Dengan bergabung di organisasi kampus, kalian akan mendapat relasi pertemanan yang lebih luas yang tidak hanya berada di level jurusan/departemen/fakultas tempat kalian menempuh pendidikan, bahkan sampai mendapat relasi kakak tingkat hingga adik tingkat yang tentunya merupakan hal yang baik bagi kalian.

Tidak hanya soal pertemanan, namun terbangunnya relasi dengan dosen dan pengurus kantor unit di kampus pun menjadi nilai tambah dari aktif di kegiatan organisasi.

  1. Menambah pengalaman, khususnya pengalaman kerja

Organisasi kampus punya beberapa program kegiatan yang secara tidak langsung akan menempa kalian untuk mampu beradaptasi dan terlibat di dalam sebuah lingkungan, khususnya di dalam organisasi itu sendiri.

  1. Wadah untuk menggali potensi diri

Organisasi kampus menjadi wadah yang tepat bagi kalian untuk menggali potensi diri. Potensi diri tidak hanya ditunjukkan dengan prestasi akademik, namun juga ditunjukkan dengan kemampuan beradaptasi dalam sebuah lingkungan serta memiliki relasi yang baik dengan lingkungan sekitar.

  1. Mengisi waktu luang

Adakalanya kalian akan memiliki waktu yang cukup luang di di setiap semester. Ketimbang melakukan hal yang tidak bermanfaat, ada baiknya kalian mengisi waktu tersebut dengan aktif di kegiatan organisasi kampus.

  1. Sarana untuk belajar menentukan prioritas

Ketika kalian sudah terjun di dunia organisasi kampus, kalian sesekali harus menghadapi pilihan apakah harus memprioritaskan kepentingan kuliah atau kepentingan organisasi. Kondisi tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kalian dalam menentukan mana yang lebih penting dan harus dikerjakan dalam waktu dekat.

  1. Menambah portofolio

Aktif di organisasi menjadi satu nilai lebih yang dicari oleh perusahaan ketika kalian melamar kerja kelak. Selain itu, pengalaman yang kalian dapatkan di dalam sebuah organisasi sudah tentu akan menjadi bekal yang diperlukan untuk siap berkecimpung di dunia profesional.

  1. Tempat mencari pelajaran hidup

Pengetahuan tidak harus selalu tentang teori dan konsep yang diterima di kelas. Pengetahuan mengenai berelasi dan memahami keadaan lingkungan sekitar juga menjadi hal yang wajib untuk dipahami oleh mahasiswa. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut ialah dengan terlibat aktif di dalam organisasi kampus.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh jika aktif di organisasi kampus. Jadi, ingat ya, aktif di organisasi kampus menjadi pilihan yang tepat untuk mencari pengalaman baru di luar aktivitas akademik.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *