Dear Mahasiswa Ada Beberapa Hal Yang Harus Kalian Miliki Selama Jadi Anak Kos

Menjadi anak kos baru nyatanya tak mudah dijalani. Semua anak kos barangkali pernah merasakan beratnya membersihkan kamar yang berantakan. Banyak faktor untuk tidak rajin membersihkan kamarnya mulai dari malas, banyak tugas, tidak bisa membagi waktu antara hang out dan belajar, dibiarkan berantakan selama berhari-hari.

Kamar kos yang berantakan tentu membuat siapa pun yang menempatinya tidak merasa nyaman. Selain tidak rapi, kamar berantakan menjadi tempat berkembangnya bibit penyakit.

Bagi Anda yang berencana tinggal di kos-kosan selama kuliah, jangan pernah melakukan kebiasaan tersebut. Sebelum menempati kamar kos, persiapkan dan miliki alat-alat kebersihan ini agar Anda tidak kerepotan ketika akan memakainya.

  1. Sapu ijuk dan pengki: Dua barang ini tak terpisahkan dan wajib Anda miliki selama di kos. Debu dan kotoran di lantai akan ada setiap harinya, tanpa alat ini Anda tentu tidak bisa menghilangkan kotoran dari kamar. Anda bisa memilih sapu dengan berjenis plastik, karena sapu jenis ini tidak mudah rontok dan membuat lantai cepat bersih. Sementara pengki memudahkan Anda mengumpulkan debu dan kotoran, sehingga tidak menyebar ke mana-mana saat menyapu kotoran.
  2. Kain Lap: Tak hanya di lantai, kotoran dan debu juga menempel perabotan dan jendela, untuk itu Anda membutuhkan kain lap. Anda bisa memilih kain lap sesuai dengan angggaran yang dimiliki seperti lap microfiber, kanebo dan berbahan polyester.  Lap tersebut bisa mengangkat debu secara menyeluruh dibandingkan lap biasa. Apabila sedang membersihkannya, tambahkan sedikit air atau membeli cairan pembersih kaca, maka Anda bisa membersihkan perabotan kos dengan cepat.
  3. Sikat kamar mandi: Bagi Anda yang memilih kamar kos berkamar mandi dalam, jangan lupa membawa sikat kamar mandi berserta cairan pembersihnya. Cara  membesihkan kamar mandi lebih efektif, siram dulu lantai kamar mandi dengan cairan, lalu diamkan selama 30 menit. Hal ini bertujuan agar kotoran lebih banyak yang terangkat. Setelah lewat 30 menit, barulah Anda menyikat seluruh bagian kamar mandi, bilas sampai bersih.
  4. Penebah kasur: Sediakan pula penebah kasur, berguna untuk menghilangkan kotoran yang berada diatas kasur serta untuk menjatuhkan debunya. Umumnya penebah kasur terbuat dari lidi dan ada yang dari plastik.
  5. Alat pel Alat pel sangat diperlukan untuk membersihkan kamar, tapi terkadang ada yang menyediakannya. Namun, jika Anda tidak mau bergantian dengan orang lain bisa membelinya sendiri. Beli alat pel yang ada tongkat nya, tentu mengepel lantai jadi lebih mudah dan cepat. Mengepel lantai membuat kebersihan kamar Anda menjadi lebih sempurna. Menyapu bisa Anda lakukan setiap hari, tetapi mengepel cukup 2-3 hari sekali saja.
  6. Tempat sampah Anda mungkin sering malas keluar kamar untuk membuang sampah, sehingga sampah di kamar dibiarkan menumpuk berhari-hari. Maka belilah tempat sampah khusus untuk Anda sendiri. Setelah sampah penuh, barulah Anda buang di tempat pembuangan akhir. Namun, terkadang ada yang menyediakannya tempat sampah di masing-masing setiap kamar, jadi Anda tidak repot membeli tong sampah.
  7. Spons pencuci piring: Jangan lupa untuk mempunyai spons pencuci piring untuk membersihkan peratalan makan Anda seperti piring, gelas, dan sendok.
  8. Tempat penyimpanan multifungsi Terakhir, sediakan juga tempat penyimpanan multifungsi untuk menyimpan barang-barang yang berserakan. Selama belum sempat membereskan kamar kos, kotak penyimpanan ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang Anda agar terlihat rapi.

Sumber

 

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *