“Cara Mahasiswa Mengatur Waktu Antara Kuliah Dan Kerja”

Perkuliahan adalah jenjang tertinggi di dalam pendidikan, dimana di dalam perkuliahan ini terdapat banyak pilihan jurusan yang bisa kita pilih dan kita minati. Untuk memulai perkuliahan kita pastinya memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit karena di perkuliahan ini akan menyita banyak waktu. Tiga aktivitas utama seorang mahasiswa yang umum adalah : Kuliah dan berorganisasi, waktu khusus untuk kebutuhan pribadi dan teman-teman (Me time) dan waktu bekerja (beberapa mahasiswa sudah mulai internship atau bekerja). Mungkin ada mahasiswa yang hanya kuliah dan me time dan ada juga mahasiswa yang harus bekerja dan kuliah.

Di kampus terdapat kegiatan yang bernama UKM. UKM merupakan suatu unit kegiatan mahasiswa yang disediakan di perkuliahan untuk mahasiswa  menjadi aktif di dalam perkuliahan. Manfaat ukm itu sendiri bisa membuat kalian menjadi mahasiswa dan mahasiswi yang lebih aktif di dalam perkuliahan dan juga mempunyai nilai plus saat kamu melamar di tempat kerja dikarenakan mayoritas perusahaan  akan menanyakan adakah organisasi atau ukm yang anda ikuti? karena itu bisa menjadi pertimbangan mereka dalam memilih kamu karena kamu punya pengalaman dalam berorganisasi dalam suatu kegiatan mahasiswa.

Permasalahan yang sering muncul adalah banyak orang tidak dapat mengelola waktu dengan baik dan salah menentukan prioritas. Ujung-ujungnya kuliah tidak beres dan pekerjaan menjadi berantakan. Solusinya adalah yang pertama kita harus mengenali batasan diri, yang kedua kelola waktu, yang ketiga ingat bahwa kuliah adalah perioritas utama dan yang keempat adalah kemampuan adaptif, Kemampuan adaptasi yang baik akan membuat kita dapat menjalani berbagai peran dengan baik dan yang terakhir kelima pilih pekerjaan yang sesuai dan cocok dengan waktumu, jika kamu ingin internship atau part time cari lah waktu yang pas dan memilih pekerjaan yang flexible. Mengenali kemampuan diri merupakan hal yang sangat penting dikarenakan harus melakukan tiga peran sekaligus, sebagai akademisi, sebagai pekerja dan sebagai pribadi. Sebisa mungkin ketiga peran tersebut harus dilakukan secara seimbang.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *