Cara Kreatif Bikin Konten lewat Smartphone Selama PPKM

Sejak pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Senin, 5-20 Juli 2021, aktivitas masyarakat kembali terbatas. Mau tidak mau, harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Nah, Berikut adalah lima tips ala Samsung untuk meningkatkan keterampilan fotografi di perangkat Galaxy A Series, tepatnya Galaxy A52, saat berada di rumah:

  1. Coba-coba pengaturan Mode Pro

Jika terbiasa dengan mode otomatis, tak ada salahnya mencoba Pro Mode. Dalam Pro Mode, pengguna bisa mengontrol pengaturan individual seperti ISO, shutter speed, dan aperture. Misalnya, menggeser ke kiri dalam mode Manual Focus akan mengaburkan gambar dan menciptakan efek bokeh.

Potret warna langit malam menggunakan Galaxy A52 dengan cara menempelkannya ke tripod atau pada permukaan yang stabil dengan kamera dalam Pro Mode.

Atau, eksperimen dengan besaran ISO 300 hingga 400 dan menurunkan shutter speed (misalnya, shutter speed 1/10) untuk menangkap lebih banyak cahaya dalam pemandangan malam yang dramatis.

Jika ingin bermain-main dengan sumber cahaya, coba matikan Auto Focus dalam Pro Mode dan geser jari ke kiri untuk membatalkan fokus gambar dan menciptakan efek bokeh.

Jika memotret di hari cerah, turunkan nilai ISO dan atur shutter speed jadi lebih cepat untuk mengurangi cahaya yang masuk ke sensor dan mengontrol bagian foto yang ingin dibuat lebih terang atau underexposed.

  1. Manfaatkan sinar matahari

Biarkan obyek di sekeliling diterangi cahaya matahari saat matahari terbit atau terbenam, yang memancarkan cahaya lembut yang menyebar pada subyek dalam gambar dan menghasilkan kualitas foto yang indah.

Bahkan jika bukan golden hour, temukan bayangan geometris indah yang diciptakan oleh sinar matahari yang terhalang, sehingga dapat membuat foto terlihat lebih dinamis.

Cobalah mengutak-atik berbagai lensa dan pengaturan dalam Pro Mode untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik.

  1. Bermain dengan refleksi

Gunakan permukaan reflektif seperti permukaan air, pagar logam, atau bahkan cermin untuk menciptakan gambar simetris yang menakjubkan.

Jika menemukan genangan air di tanah, coba posisikan kamera Galaxy A52 tepat di dasar permukaan air dan ambil gambar.

Jangan khawatir jika ada sedikit air yang masuk ke smartphone, karena Galaxy A52 memiliki peringkat IP67 yang memiliki ketahanan terhadap debu dan air!

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *