Bingung Mencari Sumber Saat Membuat Makalah  Gunakan Hal Berikut

Masa SMA menuju kampus, juga siswa menjadi mahasiswa. Sepertinya akan sedikit banyak perbedaan dalam pelaksanaanya. Ketika menjadi siswa, mungkin kita lebih akrab dengan buku pelajaran dan materi yang disampaikan Bapak/Ibu guru, paling mentok pasti membuat PPT untuk presentasi. Lain halnya dengan mahasiswa yang lebih akrab dengan kegiatan diskusi kelas, dan karya tulis ilmiah (biasanya berupa makalah ataupun esai)

Kalian yang baru saja lulus SMA kemudian masuk kuliah pasti merasakan perbedaanya kan?

Mahasiswa baru, kadang masih bingung dengan tugas yang diberikan oleh dosen. Sebaliknya, dosen telah menganggap bahwa mahasiswanya telah paham sehingga ia tak perlu menjelaskan lebih banyak lagi, dengan mengatakan,

“silakan kalian buat makalah berdasarkan tema yang sudah saya sebutkan tadi.”

Alhasil, ketika mengumpulkan makalah, tulisan mahasiswa dikembalikan lagi oleh dosen. Kenapa? Biasanya karena sumber literatur yang digunakan tidak sesuai.

Karena masih terbawa zaman SMA, mahasiswa baru banyak yang menggunakan sumber dari blog-blog yang belum tepercaya. Nah, jangan gunakan sumber blogspot.com, http atau yang semacamnya untuk daftar pustakamu.

Lalu, sumber apa yang bisa saya gunakan untuk menjadi rujukan?

Kamu bisa menggunakan google scholar untuk mencari referensi menulis makalah. Dijamin makalahmu tidak akan dikembalikan, asalkan dengan sistematika penulisan yang benar juga tentunya.

Gimana cara mengakses google scholar?

  1. Kamu bisa membuka google chrome, mozila, atau semacamnya.
  2. Ketik “google scholar” pada pencarian. Kemudian klik cari. Setelah itu akan muncul tampilan google scholar tersebut seperti pada pencarian google, bedanya google scholar ini khusus untuk mencari artikel jurnal.
  3. Ketik kata kunci dari makalah yang akan kamu buat, misalkan: Fase kemunduran pada masa khulafaur rasyidin. Nah, nanti akan muncul banyak artikel jurnal yang bisa kamu jadikan referensi untuk makalahmu.
  4. Cari jurnal yang masih baru, paling tidak 3 sampai 5 tahun sejak terbit, atau sesuaikan dengan kehendak dosen.
  5. Download artikel jurnal tersebut. untuk kamu baca dan jadikan referensi makalahmu.

Bagaimana? Mudahkan mencari referensi dari google scholar?

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.