Berikut ini Percepatan Vaksinasi COVID-19 di beberapa Kampus

Seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi persyaratan menerima vaksin Covid-19 didorong untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Dalam proses percepatan vaksinasi Covid-19, dukungan datang dari berbagai sektor untuk ikut menyukseskan program vaksinasi, termasuk sektor pendidikan tinggi. Dirangkum dari Instagram resmi @ditjendikti, Minggu (8/8/2021), banyak perguruan tinggi di Indonesia yang telah menggelar program vaksinasi massal baik bagi kalangan sivitas akademika maupun masyarakat sekitar.

Ditjen Dikti merangkumkan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan perguruan tinggi pada periode Juli dan Agustus 2021. Vaksinasi yang dilakukan perguruan tinggi ini untuk mendukung percepatan vaksinasi nasional.

  1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Unesa mengadakan vaksinasi massal pada 3 Agustus 2021. Vaksinasi ditujukan untuk masyarakat sekitar dan sivitas akademika Unesa.

Selain menyediakan 5.000 kuota vaksi AstraZeneca, terdapat program lainnya seperti pemberian sembako, donor plasma dan donor darah hingga penyediaan oksigen dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan.

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB menyediakan 5.000 dosis vaksinasi yang ditargetkan untuk masyarakat sekitar, mahasiswa serta dosen dan tenaga kependidikan beserta keluarga mereka. Sebagai salah satu Sentra Vaksinasi, IPB juga telah melaksanakan upaya mengatasi pandemi dengan menyediakan tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Progam vaksinasi ITS telah dilakukan pada 31 Juli 2021 lalu guna mendukung percepatan vaksinasi dari pemerintah. Pemberian vaksin ditujukan bagi mahasiswa, sivitas akademika, alumni beserta kelarganya. Total ada 6.000 dosis vaksin Sinovac yang diberikan dalam program vaksinasi ini.

  1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ menggelar program vaksinasi massal pada 17 Juli bekerja sama dengan tim dokter Mabes Polri dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Vaksinasi ditujukan untuk sivitas akademika, mahasiswa hingga masyarakat umum. UNJ menyediakan kuota 700 hingga 1.000 vaksin yang siap didistribusikan.

  1. Universitas Atama Jaya Yogyakarta (UAJY)

UAJY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menggelar vaksinasi massal pada 23 dan 24 Juli 2021.

  1. Universitas Andalas

Universitas Andalas menggelar vaksinasi massal yang diikuti oleh mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen. Kegiatan vaksinasi ini sebagai bentuk upaya untuk mempersiapkan tahun ajaran baru 2021/2022.

  1. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Unsoed menjadi lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diadakan Polda Jawa Tengah dengan nama ‘Vaksinasi Merdeka Candi’. Vaksinasi Merdeka Candi merupakan salah satu program percepatan vaksinasi di Indonesia. Vaksinasi ini diikuti oleh mahasiswa dari sejumlah kampus.

  1. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) membuka sentra layanan vaksinasi Covid-19 untuk sivitas akademika dan masyarakat umum pada 5 hingga 13 Agustus 2021 mendatang. Sentra vaksin ini diharapkan bisa membantu program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

  1. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

UKI melaksanakan vaksinasi tahap pertama bagi masyarakat umum dan mahasiswa UKI sejak 26 Juni hingga 7 Juli 2021. Kegiatan ini menjadi bagian dari program pemerintah untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *