Berikut Ini Beberapa Tips Mahasiswa Mengelolah Uang

Pengeluaran yang tidak diperlukan inilah yang menjadi salah satu permasalahan dala mengelola keuangan. Karena pada dasarnya,setiap mahasiswa memiliki cara caranya sendiri dalam mengatur keuangan. Namun,kebiasaan buruk seperti pengeluaran yang tidak diperlukan inilah yang bisa membuat keuangan kita semakin memburuk seiring waktu berlalu.
Berikut ini ada beberapa Tips mengelola Keuangan Mahasiswa:

  1. Membedakan Priorita Kebutuhan hal ini bisa dibagi dengan 3 pembagian yaitu kebutuhan penting seperti uang makan. lalu ada yang akan mendatang, yakni kebutuhan yang sudah terencana dan akan datang saat waktunya tiba, seperti membayar uang kos. dan yang terakhir, kebutuhan yang tidak penting atau hanya keinginan semata. jika kita membagi prioritas kebutuhan, hal ini akan sangat membantu kita dalam mengelola keungan.
  2. Mencatat pengeluaran, kita bisa tahu berapa banyak uang yang telah dihabiskan selama dikuliah. hal ini membantu teman-teman untuk memilah pengeluaran apa saja yang banyak dikeluarkan dalam bertransaksi saat kuliah. oleh sebab itu disarankan mencatat pengeluarannya dalam periode 1 bulan agar lebih mudah dalam mencatatnya.
  3. Menabung. hal ini adalah hal yang lumrah dan paling banyak dilakukan oleh kebanyakan orang, karena dengan menabung kita bisa mencegah pengeluaran yang tidak penting dan juga tetap menjaga uangmu tetap terjaga.
  4. Menggunakan konsep 50-20-30 rule. Konsep yang dicetuskan oleh Elizabeth Warren seorang akademisi ekonomi di Harvard University ini bisa menjadi alternatif kamu untuk mengelola keuangan secara baik,yaitu dengan membagi keuangan menjadi 50% untuk kebutuhan penting, 20% untuk menabung, dan 30% untuk keinginan. Konsep ini akan sangat membantu kalian dalam Mengelola keuangan secara efisien.
  5. Membawa bekal, yang akan membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran yang akan terjadi, sehingga kamu akan hemat dalam menggunakan uang. hal ini juga akan bagus untuk menjaga kesehatan, karena tidak jajan sembarangan.
    Disarikan Oleh MSLP
    Sumber 

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *