Berikut Beberapa Tips Untuk Mahasiswa Baru

Tahun ajaran baru segera tiba. Bagi calon mahasiswa baru, masa-masa awal perkuliahan akan disambut dengan antusias, sekaligus rasa was-was maupun tegang.

Nah, apa saja tips persiapan kuliah bagi mahasiswa baru, agar mereka benar-benar siap menjalani pendidikan di bangku kuliah.

Melansir laman Iteba, Senin (9/8/2021) memberitahukan ada 7 tips persiapan kuliah bagi mahasiswa baru, salah satunya mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan pendaftaran kampus.

Mari simak ketujuh tips tersebut, agar memudahkan kamu saat waktu kuliah.

  1. Selesaikan proses administrasi pendaftaran

Banyak kampus yang memiliki kebijakan, agar mahasiswa baru dapat menyelesaikan persyaratan administrasinya secara bertahap hingga mendekati dimulainya tahun ajaran baru.

Nah, tips pertama mempersiapkan kuliah bagi mahasiswa baru adalah menyelesaikan proses pendaftaran, seperti pembayaran biaya kuliah, pendaftaram ulang, pengumpulan berkas, dan sebagainya. Jadi bagi mahasiswa baru yang belum menyelesaikan hal tersebut, maka lakukanlah.

  1. Beli perlengkapan kuliah sesuai kebutuhan

Biasanya, keperluan kuliah tidak akan sebanyak masa SMA. Namun, ada beberapa jurusan yang memang memiliki kewajiban beberapa barang sebelum masuk kuliah.

Agar tidak ketinggalan informasi, cobalah kontak fakultas, program studi, senior atau teman satu angkatan di kampus. Apakah ada peralatan khusus yang harus disiapkan? Jika tidak ada, kamu bisa menyiapkan peralatan standar, seperti buku catatan, alat tulis, dan laptop.

  1. Cari tempat kos atau asrama

Bagi mahasiswa yang jauh dari rumah atau anak rantau, maka harus mencari tempat kos atau asrama secepat mungkin. Hal ini sangat penting, karena lancarnya pendidikan kuliah kamu juga ditentukan tempat tinggal yang nyaman.

Kamu harus memastikan agar memperoleh tempat kos atau asrama sebelum masuk tahun ajaran baru tiba.

  1. Cari tahu transportasi paling nyaman

Bagi kamu yang tinggal atau menyewa kamar kos yang lokasinya cukup jauh dari kampus, maka harus mencari tahu rute transportasi terbaik, seperti bus, kereta atau lainnya.

Cari tahu rute terdekat dan cobalah rute itu. Itu bertujuan, agar kamu bisa menakar waktu keberangkatan ke kampus, sehingga tidak telat saat kuliah.

Jika membawa kendaraan pribadi, jangan lupa perhatikan lahan parkir yang dimiliki kampus.

  1. Ikuti masa orientasi kampus

Masih banyak mahasiswa baru yang takut dengan masa orientasi.

Padahal, acara ini sangat penting untuk diikuti. Pada masa orientasi ini, kamu akan mengenal kampus lebih jauh, seperti mengenal fasilitas bahkan budayanya.

Di masa orientasi, kamu juga akan berkenalan dan menjalin komunikasi dengan teman satu angkatan, baik yang satu program studi (Prodi) maupun lainnya.

Kamu juga bisa mengenal senior di kampus, apabila mengikuti masa orientasi kampus.

  1. Cari tahu informasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Meski kamu mahasiswa baru, setidaknya jauhi rasa malu. Kamu harus mencari kegiatan yang bisa menambah wawasan saat menimba pendidikan di kampus.

Maka dari itu, pilihlah UKM yang sesuai minat, seperti olahraga, paduan suara, belajar bahasa, fotografi, broadcasting, kelas drama, dan sebagainya.

Ketika mengikuti UKM, kamu akan dilatih mengatur waktu, bertemu, dan menjalin relasi dengan orang lain.

Gabung dengan UKM, kamu juga bisa berinteraksi dengan mahasiswa prodi yang lain. Dengan begitu, jaringan pertemanan kamu semakin luas.

  1. Persiapkan mental

Tips terakhir adalah mempersiapkan mental. Sebab, kamu bukan lagi anak SMA. Oleh karena ubah pikiran dan cara bertindak.

Dengan begitu, kamu akan semakin dewasa. Sebagai contoh, biasanya saat kamu SMA masih dilayani orangtua.

Maka saat kuliah, sudah waktunya mandiri, mulai dari makan, memenuhi kebutuhan sendiri, jalani perkuliahan, mencari informasi hingga beraktivitas.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.