“Berikut Beberapa Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Bosan Kuliah Online”

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang menyebar dengan cepat membuat perubahan di perkuliahan sangat berbeda. Kalau biasanya mahasiswa belajar secara tatap muka, kini sudah lebih dari setahun siswa hingga mahasiswa harus belajar via online.

Tentu hal ini membuat banyak mahasiswa terkadang jenuh. Untuk menghindari kejenuhan dan membuat tubuh lebih bugar, kamu dapat melakukan olahraga ini. Meskipun tetap di rumah, aktivitas yang ringan seperti berolahraga pun perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Olahraga bermanfaat untuk meregangkan tubuh, melancarkan aliran darah dan meningkatkan sistem imunitas di tengah pandemi.

Dikutip dalam laman Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut beberapa olahraga yang bisa mahasiswa coba:

  1. Yoga. Yoga termasuk olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Olahraga yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga cocok bagi kamu yang sedang berkuliah online. Yoga juga mampu meningkatkan aliran oksigen ke otak, mengurangi rasa cemas, dan dapat meredakan stres. Olahraga yoga bisa dilakukan sekitar 15-30 menit setiap hari. Kamu juga dapat mengimbangi yoga dengan mengonsumsi buah dan sayur agar lebih sehat.
  1. High Intensity Interval Training (HIIT) Kuliah online memang membuat kamu jarang bergerak. Jika kamu merasa tubuh semakin lebar atau berat badan naik. Olahraga yang bisa dicoba adalah latihan HIIT ini selama 30 menit yang setara dengan lari atau latihan angkat beban di tempat gym. Para peneliti mengungkapkan bahwa HIIT dapat membakar kalori sekitar 25-30 persen.
  1. Zumba Jika kamu mulai merasa pegal-pegal otot, cobalah senam zumba. Zumba merupakan olahraga yang baik untuk peregangan dan dapat melancarkan laju aliran darah. Untuk melakukan zumba, kamu bisa melihat video-videonya di YouTube. Kapan bisa dilakukan jika sedang kuliah online? Sebagai contoh, ketika pagi hari sebelum kuliah daring dimulai atau sore hari setelah malaksanakan kuliah luangkanlah waktu 15-30 menit untuk melakukan zumba.
  2. Squat. Squat adalah olahraga sederhana yang tak memerlukan alat tambahan. Selain dapat membakar lemak, squat juga dapat membantu meregangkan punggung. Olahraga ini cocok untuk mahasiswa yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk untuk berkuliah online di rumah.
  3. Jumping Jack. Jumping jack adalah olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan aliran oksigen ke dalam otak. Gerakan dari olahraga ini terbilang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan panduan tutorial YouTube.

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *