Beberapa Tips Memilih Universitas Terbaik

Usai menempuh pendidikan di SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ sederajat dan mau melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi, maka diperlukan persiapan yang lebih matang. Tidak hanya memastikan program studi atau jurusan, namun calon mahasiswa pula wajib memilah kampus ataupun universitas yang mau dituju. Di Indonesia terdapat banyak kampus. Untuk calon Mahasiswa yang masih bingung memilih Universitas yang baik hendaklah kalian perhatikan beberapa tips dibawah ini:

  1. Tentukan Jurusan/ Program studi sebelum masuk Perguruan Tinggi yaitu wajib menentukan terlebih dulu jurusan atau program studi yang cocok dengan minat dan bakat kita. Sebab penentuan program studi ini sangat menentukan seperti apa kita kedepannya atau bekerja sebagai apa. Tidak hanya menentukan jurusan atau program studi namun juga melihat akreditasi dari suaru program studi atau jurusan bahkan Perguruan tinggi.
  2. Pilih Perguruan Tinggi yang akan dituju setelah calon mahasiswa memilih program studi atapun jurusan. Dalam memilih Perguruan Tinggi calon mahasiswa wajib mencermati aspek peringkat Perguruan Tinggi tersebut. Sebab peringkat dari suatu kampus menggambarkan mutu yang baik.
  3. Amati aspek kenyamanan kampus tips memilih Perguruan Tinggi yaitu terkait dengan kenyamanan dalam menempuh pendidikan. Banyak Perguruan Tinggi yang memperhatikan kenyamanan bagi para mahasiswanya dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Mengapa demikian ? sebab calon mahasiswa akan menepuh pendidikan selama 4 tahun ataupun bisa lebih tergantung masing-masing mahasiswa. Untuk itu kenyamanan kampus harus dipertimangkan oleh calon mahasiswa.
  4. Fasilitas yang diberikan oleh Universitas wajib dipertimbangkan oleh calon mahasiswa. Dalam hal ini sarana sangat membantu dalam proses belajar mengajar, suatu Universitas terbaik memiliki fasilitas yang lengkap demi tercapainya Tridharma Perguruan Tinggi.

Adapun kelengkapan fasilitas yang harus diperhatikan yaitu:

    • Perpustakaan
    • Laboratorium
    • Sarana olahraga
    • Asrama kampus
    • Area parkir
    • Gedung perkuliahan yang luas
    • Tempat beribadah
  1. Ini juga penting diperhatikan oleh setiap calon Mahasiswa sebab selama menempuh studi di Perguruan Tinggi tersebut calon Mahasiswa tidak ingin merasakan ketidakpuasan karena pelayanan yang diberikan baik dari tenaga pendidik maupun administrasinya. Pasti setiap calon mahasiswa tidak ingin ketika sudah mengeluarkan biaya pendidikan namun pelayanan yang diberikan kurang memuaskan. Jadi untuk mengetahui pelayanan yang diberikan kurang memuaskan.
  2. Terkait dengan organisasi kampus calon mahasiswa ingin melakukan kegiatan perkuliahan tidak hanya berfokus pada aktivitas belajar mengajar saja namun, calon mahasiswa juga bisa aktif dalam organisasi, dimana dalam berorganisasi kita dapat mendapatkan pengalaman, wawasan yang luas dan relasi melalui organisasi Peguruan Tinggi tersebut.

Disarikan Oleh MSLP

Sumber

admin sanda

Leave a Reply

Your email address will not be published.